Implementasi Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2024 di SMK Negeri 1 Alian


Dalam  rangka meningkatkan daya saing global di tengah perkembangan era teknologi ini, Direktorat SMK bekerjasama dengan PT International Test Center kembali menyelenggarakan kegiatan fasilitasi peningkatan kompetensi dan sertifikasi Bahasa Asing siswa SMK dengan Test of English for International Communication (TOEIC). Program in bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mempersiapkan mereka untuk dapat menghadapi tantangan global, dan memberikan sertifikasi yang diakui secara internasional melalui ujian TOEIC.

Tes ini digunakan oleh banyak perusahaan dan organisasi di seluruh dunia untuk menilai kemampuan bahasa Inggris karyawan dan calon karyawan mereka. Selain itu, juga digunakan sebagai ujian syarat masuk politeknik dan pendafataran beasiswa di beberapa negara.

Pada tahun ini, SMKN 1 ALIAN turut menyemarakkan program ini dengan melibatkan sebanyak 13 siswa yang diumumkan lolos seleksi VIERA. Seleksi VIERA diikuti oleh kelas X dan XI di hari Rabu, 19 Juni 2024 dan di hari Kamis, 20 Juni 2024. 13 anak yang lolos seleksi VIERA melanjutkan ke TOEIC yang dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Juli 2024 mulai pukul 09.00 WIB. Dikarenakan lebih dari 10 siswa yang lolos, SMKN 1 ALIAN mendapatkan satu kuota bagi guru. Pada kesempatan ini, Ibu Fitriana Sulistiyaningrum, S.Pd., Gr. sebagai guru Bahasa Inggris mengisi kuota TOEIC guru tersebut di hari yang sama pada pukul 11.30 WIB.

Adapun persiapan dilakukan sehari dan pagi hari sebelum pelaksanaan karena membutuhkan waktu yang cukup banyak dari proses pengecekan komputer, instalasi, ketersediaan headset dan melakukan readiness. TOEIC berjalan lancer dan selesai pada pukul 13.30 WIB. Sekolah berharap akan lebih banyak lagi siswa yang lolos seleksi VIERA sehingga kedepan dapat mempersiapkan tes lebih awal dan lebih matang lagi. Peserta juga merasa tes menguji dari soal yang mudah sampai kompleks pada soal Reading yang membutuhkan konsentrasi yang lebih. Oleh karena itu, semoga SMKN 1 Alian dapat mendapatkan kesempatan beasiswa bagi siswa agar dapat meningkatkan kompetensi Bahasa Inggris yang dalam hal ini adalah menghadapi TOEIC.

Copyright © 2021 - 2024 SMKN 1 ALIAN