Kepala SMKN 1 Alian Berbagi Pengimbasan Teaching Factory di SMKN 1 Ambal


Sebagai SMK Pusat Keunggulan SMKN 1 Alian tidak hanya berfokus pada pengembangan kualitas pembelajaran dan SDM di lingkungan sekolah saja, namun juga berupaya untuk dapat mengimbaskan praktik baik bagi sekolah lain yang ada di sekitarnya. Selasa, 2 Oktober 2023 Kepala SMKN 1 Alian Bapak Basikun, S.Pd., M.M. diundang menjadi narasumber Workshop Pemanfaatan Sarana & Prasarana Pendukung Penyelenggaraan Teaching Factory di SMKN 1 Ambal. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMKN 1 Ambal ini merupakan salah satu agenda program bantuan SMK PK tahun 2023 yang diterima oleh SMKN 1 Ambal.

SMKN 1 Ambal, sebagai SMK PK telah gencar melaksanakan kegiatan dalam rangka meningkatkan SDM warga sekolah demi kesuksesan program bantuan SMK PK yang diterimanya, salah satunya workshop untuk persiapan Teaching Factory ini. Kegiatan workshop tersebut dibuka dengan sambutan dari Kepala SMKN 1 Ambal, Arif Sugiyanto, S. Pd. M. Eng. dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Bapak Basikun, S.Pd., M.M. selaku Kepala SMKN 1 Alian. Dalam pemaparan materinya, Bapak Basikun, S.Pd., M.M. menjelaskan pengembangan Teaching Factory yang ada di SMKN 1 Alian. SMKN 1 Alian mengembangan 2 Teaching Factory dari 2 kompetensi keahlian yang ada diantaranya Bengkel Andalan Auto Service dan Bank Aliana.  Teaching Factory yang dikembangkan di SMKN 1 Alian ini diharapkan dapat membekali lulusan dengan kompetensi teknis yang utuh dan riil, serta karakter kinerja yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, berjiwa wirausaha, serta memiliki kesiapan untuk memasuki dunia kerja dan atau mengembangkan usaha secara mandiri.

Kegiatan workshop ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada SMKN 1 Ambal sebagai SMK PK tahun 2023 untuk mengembangkan dan memanfaatkan sarana serta prasarana pendukung demi terselenggaranya Teaching Factory yang ada di SMKN 1 Ambal.

Penulis : Tim Jurnalistik Smensal (Denna Bio Arli)

Copyright © 2021 - 2024 SMKN 1 ALIAN