Pelajar Sepanjang Hayat (Oleh : Muadibussibyan)


Pendidikan merupakan sebuah proses belajar yang berlangsung sepanjang hayat. Keberlangsungan proses belajar ini menjadi sangat penting ketika pelajar menjalani kehidupan nyata. Kenyataan hidup terkadang menyajikan berbagai dinamika, apalagi dunia saat ini memasuki abad 21. Pada abad 21 ini, ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat. Perkembangan tersebut sangat mempengaruhi karakteristik pelajar. Baik dari segi orientasi maupun cara belajar para pelajar.

Karakteristik pelajar abad 21 perlu diikuti oleh perkembangan pembelajaran di lingkungan pendidikan. Hal ini bertujuan untuk menampung keinginan dan memenuhi kebutuhan belajar para pelajar. Penampungan keinginan dan pemenuhan kebutuhan belajar para pelajar secara tidak langsung akan mewujudkan proses belajar sepanjang hayat. Perkembangan pembelajaran di lingkungan pendidikan dapat dilakukan dengan penerapan berbagai model pembelajaran abad 21. Beberapa model yang dapat diterapkan diantaranya pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kolaboratif, dan lain-lain. Penerapan model pembelajaran tersebut diatas, sudah seharusnya diintegrasikan dengan perkembangan teknologi. Pengintegrasian tersebut dapat diwujudkan dalam pembelajaran TPACK.

Penerapan pembelajaran TPACK yang maksimal akan bermuara pada perwujudan elemen Profil Pelajar Pancasila. Pembelajaran TPACK sendiri merupakan singkatan dari technological knowledge, pedagogical knowledge, and content knowledge. Pujiriyanto dalam bukunya yang berjudul Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 mengungkapkan bahwa TPACK merupakan kerangka pengintegrasian teknologi ke dalam pembelajaran yang melibatkan paket-paket pengetahuan tentang teknologi, materi dan proses atau strategi pembelajaran. Sedangkan Profil Pelajar Pancasila terdiri dari elemen : Beriman Bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, Berkebhinnekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif. Penerapan TPACK yang maksimal secara otomatis akan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila seutuhnya.

Pembelajaran TPACK harus menjadi perhatian dan dilaksanakan oleh orang-orang yang berada di lingkungan pendidikan. Pembelajaran TPACK akan membentuk pelajar Indonesia yang sesuai dengan visi pendidikan Indonesia. Visi membentuk pelajar yang mempunyai elemenĀ  Profil Pelajar Pancasila. Pelajar yang berketuhanan, kritis, dan kreatif tanpa meninggalkan jati dirinya sebagai pelajar Indonesia. Pelajar yang senantiasa memegang teguh prinsip gotong royong dan kebhinnekaan. Selain itu, pembentukan pelajar sepanjang hayat bukan lagi hal mustahil untuk diwujudkan.

Copyright © 2021 - 2025 SMKN 1 ALIAN