Pendidikan merupakan
sebuah proses belajar yang berlangsung sepanjang hayat. Keberlangsungan proses
belajar ini menjadi sangat penting ketika pelajar menjalani kehidupan nyata.
Kenyataan hidup terkadang menyajikan berbagai dinamika, apalagi dunia saat ini
memasuki abad 21. Pada abad 21 ini, ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami
perkembangan yang begitu pesat. Perkembangan tersebut sangat
mempengaruhi karakteristik pelajar. Baik dari segi orientasi maupun cara
belajar para pelajar.
Karakteristik pelajar abad 21 perlu diikuti oleh perkembangan pembelajaran
di lingkungan pendidikan. Hal ini bertujuan untuk menampung keinginan dan
memenuhi kebutuhan belajar para pelajar. Penampungan keinginan dan pemenuhan
kebutuhan belajar para pelajar secara tidak langsung akan mewujudkan proses
belajar sepanjang hayat. Perkembangan pembelajaran di lingkungan pendidikan
dapat dilakukan dengan penerapan berbagai model pembelajaran abad 21. Beberapa
model yang dapat diterapkan diantaranya pembelajaran berbasis masalah,
pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kolaboratif, dan lain-lain. Penerapan
model pembelajaran tersebut diatas, sudah seharusnya diintegrasikan dengan
perkembangan teknologi. Pengintegrasian tersebut dapat diwujudkan dalam
pembelajaran TPACK.
Penerapan pembelajaran TPACK yang maksimal akan bermuara pada perwujudan elemen Profil Pelajar Pancasila. Pembelajaran TPACK sendiri merupakan singkatan dari technological knowledge, pedagogical knowledge, and content knowledge. Pujiriyanto dalam bukunya yang berjudul Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 mengungkapkan bahwa TPACK merupakan kerangka pengintegrasian teknologi ke dalam pembelajaran yang melibatkan paket-paket pengetahuan tentang teknologi, materi dan proses atau strategi pembelajaran. Sedangkan Profil Pelajar Pancasila terdiri dari elemen : Beriman Bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, Berkebhinnekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif. Penerapan TPACK yang maksimal secara otomatis akan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila seutuhnya.