Project Base Learning (PjBL) Sebagai Implementasi Pembelajaran Berbasis Projek Riil


Kebumen - Pembelajaran berbasis projek merupakan pembelajaran yang menggunakan projek sebagai media dalam proses pembelajaran untuk mencapai soft skills, hard skills, dan karakter pada peserta didik. Pembelajaran dengan berbasis projek menekankan pada aktivitas peserta didik untuk menciptakan dan menghasilkan produk berdasarkan pengalaman nyata.

Sejalan dengan Implementasi Kurikulum Merdeka untuk menitikberatkan pada pembelajaran berbasis produk, SMK Negeri 1 Alian menyelenggarakan Workshop Pembelajaran Berbasis Projek Riil dengan menghadirkan narasumber dari PT. Nasmoco Magelang pada  tanggal 5-6 Oktober 2022 di  SMK Negeri 1 Alian. Bapak Subhan Firdaus dan Bapak Windarto selaku narasumber pada kegiatan ini membagikan pengetahuan dan wawasannya kepada guru dan karyawan yang menjadi peserta pada workshop kali ini. Bapak Subhkan Firdaus menekankan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah diharapkan dapat dilaksanakan dengan berbasis projek riil dan selaras dengan dunia industri. Menurutnya, pentingnya pembelajaran berbasis projek ini sangat berpengaruh terhadap produktivitas SMK yang berbasis produk standar industri. Beliau juga menyampaikan bahwa komponen penting lainnya yang menjadi tujuan dari pelaksanaan pembelajaran berbasis projek ini adalah terintegrasinya budaya kerja industri pada pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.

Dengan diadakannya workshop ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan inspirasi kepada guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan berbasis projek dan memberikan pengalaman berharga kepada siswa melalui proses pembelajaran. Selain itu, siswa juga diharapkan dapat memiliki peningkatkan kompetensi yang lebih mendalam sebagai persiapan dan bekal untuk terjun ke dunia industri.

Copyright © 2021 - 2024 SMKN 1 ALIAN