Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing oleh PT Allisha Gesang Sejahtera


Kebumen - Sebagai SMK Pusat Keunggulan yang turut mendorong lulusan untuk dapat menciptakan usaha mandiri, SMK Negeri 1 Alian mengadakan Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing. Kegiatan yang dilakukan pada 22 Oktober 2022 ini bertempat di Aula SMK Negeri 1 Alian. Pada kegiatan ini sekolah mengadirkan narasumber dari PT. Allisha Gesang Sejahtera, yaitu Ibu Titin Agustinah. 

PT. Allisha Gesang sejahtera merupakan salah satu UMKM yang berbentuk Perseroan Terbatas yang didirikan oleh Ibu Titin Agustinah sejak tahun 2017. Produk unggulan dari perusahaan ini adalah Sate Ambal kemasan. Tidak hanya itu, namun mereka juga memproduksi lanting oven dan basreng. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini tidak hanya dijual di wilayah Kebumen saja, namun telah didistribusikan ke luar kota.

Pada kegiatan workshop yang diikuti oleh guru dan karyawan SMK Negeri 1 Alian ini, Ibu Titin Agustinah mengenalkan metode bisnis model canvas dan membagikan ceritanya dalam membangun perusahaan. Tidak hanya itu, Ibu Titin Agustinah juga memberikan kesempatan kepada para peserta workshop untuk berdiskusi dan memberikan pelatihan bagaimana cara merancang bisnis model canvas. Peserta tidak hanya berdiskusi saja, namun diberi kesempatan untuk mempresentasikan rancangan bisnisnya.

Materi kedua mengenai Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing disampaikan oleh Bapak Nurohman Jauhari. Beliau menyampaikan kepada para peserta bagaimana cara untuk membuat konten di sosial media untuk mempromosikan produk yang akan dijual. Dalam penyampaian materinya beliau menegaskan bahwa copywriting merupakan komponen yang penting dalam penulisan konten produk di sosial media. Tidak hanya berfokus pada narasi yang tertulis, cara pengambilan gambar dan bentuk produk yang terlihat juga menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan konten produk.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat tercipta motivasi dan karakter wirausaha pada guru di SMK Negeri 1 Alian untuk selanjutkan dapat diintergrasikan dengan pembelajaran di kelas. Selain itu, dengan adanya pengetahuan baru seputar digital marketing diharapkan dapat membawa dampak positif bagi guru maupun siswa khususnya dalam memanfaatkan sosial media sebagai wadah untuk memasarkan produk yang telah dibuat.

Copyright © 2021 - 2024 SMKN 1 ALIAN