WORKSHOP PENINGKATAN KAPABILITAS GTK (Perencanaan Berbasis Data)


Dalam rangka meningkatkan kapabilitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), SMK Negeri 1 Alian mengadakan Workshop Peningkatan Kapabilitas GTK melalui Perencanaan Berbasis Data yang dilangsungkan di 2 tempat, yakni Aula SMKN 1 Alian dan Ruang Pugeran Hotel Mexolie Kebumen. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat 4 Oktober 2024 sampai hari Minggu 6 Oktober 2024 ini menghadirkan Bapak Sigit Purnomo, M.Pd. dari BBPPMPV Seni dan Budaya DIY sebagai narasumber.

Beliau memberikan pelatihan kepada peserta yang merupakan Guru dan Karyawan SMK Negeri 1 Alian untuk merencakanan RKT dan ARKAS melalui perencanaan berbasis data. Data yang digunakan sebagai acuan merupakan data hasil Rapor Sekolah. Pada workshop kali ini beliau juga menegaskan bahwa untuk menjadi sekolah yang berkualitas diperlukan perencanaan yang matang. Sekolah yang berkualitas memiliki ciri diantaranya :

  1. Pembelajaran yang berbasis pada duia kerja dan berpusat pada murid.

  2. Pendidik yang reflektif, gemar belajar, berbagi dan berkolaborasi.

  3. Iklim sekolah yang aman, inklusif, menerapkan budaya kerja, dan merayakan kebinekaan.

  4. Kepemimpinan berjiwa wirausaha untuk perbaikan layanan berkelanjutan.

Melalui pelatihan ini diharapkan Guru dan Tenaga Kependidikan SMK Negeri 1 Alian memiliki kapabilitas untuk merencanakan program sekolah berbasis data yang berdampak pada peningkatan kualitas sekolah.

Copyright © 2021 - 2024 SMKN 1 ALIAN