Workshop Perencanaan Berbasis Data SMK Pusat Keunggulan Tahun 2022


Kebumen - Dalam rangka mendorong sekolah untuk meningkatkan kematangan perencanaan dalam seluruh lini di sekolah dengan berbasis data, SMK Negeri 1 Alian mengadakan Workshop Perencanaan Berbasis Data SMK Pusat Keunggulan Tahun 2022 pada hari Selasa, 13 September 2022. Workshop kali ini bertempat di Ruang Rapat SMK Negeri 1 Alian yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan. Materi yang disampaikan pada workshop ini berupa perencanaan berbasis data yang disampaikan oleh narasumber dari Universitas PGRI Semarang, diantaranya Bapak Aan Burhanudin ,S.T., M.T., Bapak Agus Mohtar, S.Pd. M.T., Bapak Agus Mohtar, S.Pd., M.T., dan Bapak Aris Sasmita, A.Md. 

Dalam penyampaian materinya, selain membahas mengenai perencanaan berbasis data narasumber dari Universitas PGRI Semarang ini juga turut menyampaikan terkait pengembangan SMK PK dan optimalisasi Link and Match. Bapak Aan Burhanudin S.T., M.T. menyampaikan bawah ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam menyusun kegiatan peningkatan capaian pembelajaran berdasarkan fakta. Langkah-langkah tersebut diantaranya analisis profil pendidikan, analisis akar masalah, perumusan program dan kegiatan, memasukkan hasil rumusan dalam dokumen perencanaan dan anggaran, pelaksanaan kegiatan, serta monitoring dan evaluasi.

Melalui Workshop Perencanaan Berbasis Data ini diharapkan dapat terwujud perencanaan berbasis data di SMK N 1 Alian mulai dari tahap awal hingga akhir. Perubahan menuju arah yang lebih baik ini diharapkan dapat terlaksana pada data dalam rapor pendidikan. Kepala SMK Negeri 1 Alian, Bapak Basikun, S.Pd., M.M. mengupayakan perencanaan program sekolah berbasis data ini untuk diimplementasikan pada pencapaian rapor pendidikan yang dapat dijadikan evaluasi pada tahun ajaran berikutnya.

Copyright © 2021 - 2024 SMKN 1 ALIAN